Powered By Blogger

Sabtu, 30 Juli 2011

Qaryah Thayyibah Salatiga


Materi ini akan mengajak pebelajar untuk ke luar kelas dan belajar bahasa Indonesia dengan topik Pendidikan. Bahan ini dibuat untuk dipakai di Salatiga dengan mengunjungi sekolah alternatif yang ada di Salatiga.
Dalam materi ini pebelajar diajak untuk melakukan kegiatan wawancara, menganalisa sebuah berita yang bisa diambil dari Media di dalam website ini mengenai sekolah Alternatif di Salatiga. Pada kegiatan pembuka pebelajar diminta untuk mendengarkan berita tentang sekolah alternatif di salatiga (suara saja-audio) kemudian siswa diminta menulis kata-kata atau informasi apa saja yang ada di dalam berita. Selanjutnya pengajar akan mengkonfirmasikan apa saja yang sudah ditulis pebelajar dan meminta mereka untuk menceritakan ulang apa saja yang mereka dengar. Untuk kegiatan berikutnya peserta menonton berita tentang sekolah alternatif yang sama (dengan gambar-Image).
Sebelum kegiatan membaca pengajar diharapkan untuk memberikan sedikit gambaran umum tentang sekolah alternatif khususnya yang ada di Salatiga. Setelah pebelajar selesai membaca teks bacaan, pengajar mencoba untuk mengkonfirmasi tentang teks bacaan di atas dengan cara memberikan pertanyaan tentang kosakata yang baru yang ada di dalam bacaan. Setelah itu pebelajar dapat membuat pertanyaan sendiri berdasarkan teks bacaan. Pebelajar kemudian saling bertanya dan menjawab pertanyaan dari teman yang lain. Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan bermain peran yang bisa dilakukan dengan teman atau pengajar. Setelah itu diharapkan mereka bisa melakukan wawancara sendiri kepada orang lain di luar kelas lalu membuat bagan (outline) tentang sekolah alternatif versi mereka. Setiap pebelajar wajib membuat sebuah presentasi tentang sekolah alternatif yang akan mereka buat, untuk mendukung kegiatan ini siswa diijinkan pula untuk melakukan penjelajahan di internet agar informasi yang mereka dapatkan lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar